Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Wahyu To. Rahmawati

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) menyepakati penggunaan 20, 48% dri laba bersih SMBR tahun buku 2019 sebagai dividen. Adapun laba bersih 2019 emiten pelat merah ini Rp 30, 07 miliar.

Dus, total nilai dividen tunai yang akan dibagikan sebesar Rp 6, 16 miliar. Sedangkan sisanya sebesar Rp 23, 91 miliar ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

Jobi Tiriananda Hasjim, Direktur Utama SMBR menjelaskan, SMBR mencatatkan volume penjualan 2, 12 juta ton, hampir sama  seperti tahun 2018 di tengah kondisi industri semen yang masih oversupply dan melambatnya pertumbuhan permintaan semen di Sumatra bagian selatan (Sumbagsel). “Kinerja penjualan SMBR tersebut masih lebih baik daripada complete konsumsi semen di Sumbagsel yang berdasarkan data dari Asosiasi Semen Indonesia turun hingga 9, 3%, ” ujar Jobi dalam siaran pers, Rabu (5/8).

Baca Juga: Optimis pasar membaik, begini ikhtiar Sperm Baturaja (SMBR) menjaga kinerja

Meski belum mencatat kenaikan, namun SMBR mampu meningkatkan  market share di wilayah Sumbagsel sebesar 2% menjadi 35% dari tahun sebelumnya. Kontribusi pangsa pasar terbesar pada Sumsel mencapai 63% dan Lampung 21%, disusul Jambi 15%,   Bengkulu 10% dan Bangka Belitung 4%.

SMBR mencatatkan pendapatan Rp 2 triliun, naik 1% dibandingkan dengan pendapatan di tahun 2018 sebesar Rp  1, 99 triliun. Dengan berbagai program efisiensi yang dilaksanakan, SMBR berhasil menurunkan COGS sebesar 12% sehingga laba kotor SMBR pun naik 24% jadi Rp 875 miliar.

Namun laba bersihnya turun menjadi Rp thirty miliar karena peningkatan beban keuangan akibat beban biaya bunga arah kredit investasi Pabrik Baturaja
II sebesar Rp100 miliar lalu bunga pinjaman MTN sebesar Rp 25 miliar.

Current proportion dan debt to equity ratio (DER) SMBR saat terkait masing-masing berada di level 229% dan 60%. “Ini masih di dalam batas aman, ” tandas Jobi.

Baca Juga: Lima emiten ini punya yield dividen tertinggi, berikut saran analis

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih arah perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa dipakai berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong16deng –>
PEMBAGIAN DIVIDEN

gong16deng –>