Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN. CO. ID –  IZMIR. Seorang pria berusia 70 tahun berhasil diselamatkan dari puing-puing gedung yang runtuh di kota Izmir Turki pada hari Minggu, setelah terkubur selama 33 jam. Serupa yang diketahui, gempa kuat melanggar pantai Aegean Turki dan pulau-pulau Yunani.  

Pria tersebut, yang diidentifikasi sebagai Ahmet Citim, diselamatkan dari salah satu dari 20 bangunan tempat tinggal yang jauh di distrik Bayrakli Izmir, dalam mana bangunan tua yang sensitif gempa digantikan oleh proyek konstruksi yang lebih baru. Gambar televisi menunjukkan bahwa bangunan yang hancur adalah bangunan tua.

Tim penolong dan darurat telah bekerja melalaikan bangunan yang rusak selama dua hari dan Presiden Tayyip Erdogan mengatakan pemerintahnya “bertekad untuk memulihkan luka saudara-saudari kita di Izmir sebelum hawa dingin dan musim hujan datang. ”

Melansir Reuters , pihak berwenang Turki melaporkan lebih banyak jumlah korban tewas pada hari Minggu, sehingga jumlah korban menjadi 62 orang, semuanya di Izmir. Tatkala, dua remaja meninggal di pulau Samos, Yunani.

Mengaji Juga: Gempa Turki telan korban jiwa, begini nasib WNI di Turki

Menurut badan bencana dan darurat Turki AFAD, lebih sebab 3. 000 tenda dan 13. 000 tempat tidur telah disediakan untuk tempat berlindung sementara. AFAD selalu bilang, sekitar 940 orang terluka dalam gempa bumi hari Jumat.

Lebih dari 700 korban sekitar ini telah dipulangkan dari panti sakit, sementara delapan lainnya masih dalam perawatan intensif, kata Menteri Kesehatan Fahrettin Koca.

Turki dilintasi garis patahan dan rawan gempa bumi. Pada 1999, dua gempa kuat menewaskan 18. 000 karakter di Turki barat laut.

Gempa bumi hari Jumat, yang taat Kandilli Institute yang berbasis di Istanbul berkekuatan 6, 9 skala Richter, berpusat di Laut Aegea, timur laut Samos.

Baca Juga: Gempa dasyat guncang Turki, 6 mati dan puluhan bangunan runtuh


–> Video Pilihan gong13deng –>
TURKI

gong13deng –>