Saat ada pandemi, kompetisi Mobile Legends mencetak rekor penonton online

KONTAN. CO. ID awut-awutan JAKARTA. Kejuaraan Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia Season 6 baru saja selesai diselenggarakan. Meskipun digelar di tengah pandemi dan bersifat online, namun situasi tersebut tak membuat MPL Indonesia sepi penonton dan menorehkan penuh prestasi.

Sejumlah prestasi baru telah lahir di season terakhir turnamen level tertinggi Mobile Legends ini. MPL Indonesia pun untuk kesekian kalinya berhasil membawa nama Negara muncul di peta esports universal.   MPL Indonesia berhasil membuka rekor baru di babak grand final yang mempertemukan dua awak terkuat di Indonesia, RRQ Hoshi dan Alter Ego. Lewat musabaqah tersebut, user yang menonton secara berbenturan (peak concurrent user/pcu) mencapai nilai fantastis, 2. 849. 970. Angka ini memecahkan rekor pertandingan grand final season 5 yang mencapai 1. 163. 007 penonton.

Data dari esports charts tersebut membuktikan bahwa perkembangan viewership MPL Indonesia tumbuh hingga 145%. Faktual, kenaikan viewership sudah nampak di pekan terakhir regular season era match RRQ Hoshi vs Evos Legends digelar. Saat itu, pcu yang didapat MPL mencapai satu. 743. 629. Total ada lima pertandingan yang berhasil menembus satu juta pcu di MPL Indonesia Season 6. “Terima kasih pada seluruh pihak yang telah mengangkat terselenggaranya MPL Indonesia Season 6. Saat ini kami sedang berusaha keras membawa nama Indonesia meninggi di industri esports secara global. MPL Indonesia kini bersaing dengan turnamen esports berskala global dan diakui dunia, ” ujar Komisaris MPL Indonesia Lucas Mao pada keterangan pers, Senin (27/10).

Di September lalu, MPL Indonesia serupa menjadi turnamen esports terpopuler di dunia mengalahkan turnamen-turnamen esports bergengsi lainnya. Di saat itu, musabaqah Royal Derby antara RRQ Hoshi melawan Onic Esports berhasil mengambil 1. 092. 949 pcu. Selain rekor jumlah penonton, grand final MPL Indonesia Season 6 juga menjadi trending topic di twitter . Hanya dalam hitungan jam, hashtag #FinalMPL dan #VivaRRQ di mention ribuan kali dan menjadi nomor satu di twitter.

gong2deng –>

Editor: Lamgiat Siringoringo