Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut terdapat kejutan dari investasi untuk sektor industri pada periode pandemi Covid-19.

Pada saat pandemi investasi untuk sektor industri periode Januari hingga September 2020 naik 37% dibandingkan dengan periode tahun lalu. Adapun nilai investasi tahun 2020 di sektor industri itu ialah Rp 201, 9 triliun.

“Ini ada present surprise ya, di mana salah satu dengan bisa kita harapkan dari penyerapan tenaga kerja itu investasi bisa masuk, nah ini kita mampu lihat bahwa justru pada zaman pandemi investasi untuk sektor pabrik periode Januari – September terbang 37% dibanding periode tahun cerai-berai, ” ungkap Agus  saat konvensi pers virtual update Komite Penanganan Coronavirus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) pada Senin (9/11).

Baca Juga: Industri manufaktur lahir 5, 25% di kuartal III, begini respons Menperin

Di mana investasi sendiri merupakan kunci untuk mencegah penetapan hubungan kerja (PHK) dan menciptakan lapangan kerja baru.

Adapun terkait upaya penekanan gelombang PHK pokok pandemi, ialah dengan memastikan bahwa industri masih dapat beroperasi. Namun beroperasinya industri ditekankan tetap kudu mematuhi protokol untuk mencegah penyaluran Covid-19.

Berkaca pada hal tersebut, Kementerian Perindustrian mengambil keputusan dengan mengeluarkan surat edaran terkait jalan dan aturan pada industri-industri buat bisa tetap melakukan produksi dengan menyampaikan proposal terhadap izin operasional dan mobilitas kegiatan industri (IOMKI).

“Dengan beroperasinya industri atau pabrik-pabrik itu, pasti akan mencegah PHK akan mencegah perumahan atau pegawai yang dirumahkan, ” kata Agus.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih tempat perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
MANUFAKTUR

gong9deng –>