Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Rupiah berhasil mengakhiri perdagangan hari itu, Selasa (29/9) dengan penguatan. Timbil uang Garuda ini berhasil terbang tipis 0, 03% ke tangga Rp 14. 895 per dolar Amerika Serikat (AS) di pasar spot.  

Setali tiga uang, kinerja positif rupiah ternyata selalu terjadi di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Rupiah berhasil ditutup berada di level Rp 14. 920 per dolar AS atau menguat 0, 26% dibanding penyudahan sebelumnya.

Analis Asia Valbury Futures Lukman Leong mengatakan rupiah mengarah bergerak secara konsolidasi. Hal itu terlihat dari penguatan tipis dalam hari ini. Namun, ia memperhitungkan pada perdagangan Rabu (30/9), rupiah berpeluang untuk mengalami koreksi sedikit.

“Sentimen pada esok hari mengarah minim dan tidak terlalu bermakna, sehingga pergerakan rupiah sepertinya lebih terkonsentrasi pada pergerakan teknikal. Besok kecenderungannya melemah, secara umum dolar AS masih cukup dominan sehingga rupiah akan sedikit tertekan, ” kata Lukman kepada Kontan. co. id, Selasa (29/9)

Baca Juga: IHSG berbalik turun 0, 56% ke 4. 879 Selasa (29/9), tiga saham BUMN dijual asing

Lukman menyebut, pasar saat ini sedang menanti terbit data ekonomi dari AS bagaikan PDB dan nonfarm payroll . Oleh karena tersebut, sampai data tersebut rilis, rupiah pergerakannya akan cenderung terbatas.

Tengah Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail menilai rupiah justru punya peluang untuk menguat kembali pada perniagaan besok. Ahmad mengatakan ada peluang USD index akan mengalami pelemahan.

“Saat ini pasar kemungkinan hendak mengantisipasi stimulus fiskal AS senilai US$ 2, 2 triliun bakalan berlanjut seiring Partai Demokrat & Partai Republik mulai membicarakannya balik. Selain itu, besok juga bakal digelar debat pilpres AS dengan berpotensi menimbulkan ketidakpastian sehingga peluang indeks dolar melemah terbuka, ” jelas Ahmad.

Dengan ketidakpastian & potensi pelemahan indeks dolar, rupiah pun disebut Ahmad akan diuntungkan dan berpotensi menguat. Ia menghitung pergerakan rupiah akan berada pada kisaran Rp 14. 850 bohlam dolar AS-Rp 14. 900 bohlam dolar AS. Sedangkan Lukman menebak rupiah bergerak pada rentang Rp 14. 800 per dolar AS-Rp 14. 970 per dolar AS.

Baca Juga: Rupiah ditutup menguat tipis 0, 03% ke Rp 14. 895 per dolar AS di Selasa (29/9)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih pada perhatian Anda, tersedia voucer percuma senilai donasi yang bisa dimanfaatkan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
PREDIKSI RUPIAH

gong9deng –>