Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID awut-awutan JAKARTA. Fluktuasi sedang berlangsung di pasar keuangan ijmal, nilai tukar rupiah berpotensi meneruskan penguatan pada perdagangan Selasa (28/7). Adapun perhatian pasar masih tertuju pada prospek sentimen eksternal.

Mengutip Bloomberg, pada perdagangan Senin (27/7) kurs rupiah tercatat menguat 0, 42% ke Rp 14. 549 per dolar AS. Sementara tersebut, pada kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau Jisdor, rupiah ditutup menguat tipis 9 poin ataupun 0, 06% ke level Rp 14. 605 per dolar GANDAR dibandingkan perdagangan hari sebelumnya Rp 14. 614 per dolar AS.

Analis Pasar Uang Bank Mandiri, Reny Eka Putri menjelaskan, pelaku pasar cenderung memilih untuk wait and see sembari melihat perkembangan perihal ekonomi. Apalagi, kasus Covid-19 serupa masih berkembang dan turut mendalam dalam pantauan pasar.

Baca Juga: Pasti, rupiah ditutup menguat 0, 52% ke Rp 14. 535 bola lampu dolar AS pada hari itu

Adanya penambahan kasus positif Covid-19 yang mutakhir, tentu masih mengkhawatirkan dan masih akan mempengaruhi pasar keuangan, tercatat rupiah. “Kami mengharapkan pertambahan kejadian Covid-19 dapat segera melandai, ” kata Reny kepada Kontan. co. id, Senin (27/7).

Di sisi lain, pelaku pasar juga masih mencermati perkembangan tensi geopolitik dan potensi perang dagang lanjutan kurun AS dan China. Di samping itu, ada juga sentimen terpaut uji klinis vaksin Covid-19 dengan turut dicermati pelaku pasar.

Reny juga menganjurkan pelaku pasar untuk mencermati data yang dapat mempengaruhi pergerakan valas. Seperti akan rilis data durable goods order, consumer confidence, dan rapat FOMC Juli 2020 AS.

Baca Selalu: IHSG menguat terbawa stimulus lanjutan dari AS

“Kami memperkirakan The Fed masih tetap mempertahankan Fed Fund Rate (FFR) di kisaran 0%– 0, 25%. Sedangkan untuk sentimen domestik, tidak ada bukti regular karena di akhir kamar, ” ungkap Reny.

Untuk perdagangan besok (28/7) Reny memperkirakan rupiah bergerak di rentang Rp 14. 490 per dolar AS hingga Rp 14. 567 per dolar AS.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda hendak menambah semangat kami untuk menghadirkan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong15deng –>
KIRA-KIRA RUPIAH

gong15deng –>