Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID –  DUBAI . Iran dikabarkan telah memindahkan kapal sari tiruan USS Nimitz ke Selat Hormuz yang strategis. Pemindahan itu terlihat dari gambar satelit. Transportasi kapal induk tiruan dari Amerika Serikat (AS) ini menunjukkan bahwa Iran akan menggunakan kapal itu untuk latihan sasaran dalam pertunjukan perang di teluk yang menyesatkan sibuk di dunia tersebut.

Mengambil Reuters , Senin (27/7), Pengawal Revolusi Iran sesekali menggunakan tiruan kapal perang AS untuk latihan, termasuk pada 2015, ketika rudal Iran menabrak seluruh mock-up menyerupai kapal induk posisi Nimitz, AS.

Mengucapkan Juga: Amerika Serikat kirim utusan untuk mendesak permufakatan damai di Afghanistan

Teheran yang menentang eksistensi angkatan laut AS dan Barat di Teluk tersebut sering mengadakan pertandingan perang angkatan laut di selat strategis yang menjadi jalan perdagangan sekitar 30% minyak hijau dunia.

Salah satu gambar yang ditangkap satelit milik perusahaan teknologi luar angkasa yang berbasis di AS, Maxar Technologies pada 26 Juli menunjukkan sebuah kapal terjang cepat Iran bergerak ke arah kapal induk model AS pada jalur strategis.

“Kita tidak dapat berbicara dengan apa yang Iran harapkan untuk dapatkan dengan mendirikan mock-up ini, atau nilai strategis apa yang akan mereka harapkan dengan menggunakan mock-up seperti itu dalam pelatihan atau skenario pelajaran ofensif, ” kata Komandan Rebecca Rebarich, juru bicara untuk Armada Kelima yang bermarkas di US Navy Bahrain.

Mengaji Juga: Makin radang, helikopter Israel gempur Suriah dengan rudal anti-tank

“Kami tetap yakin dengan kepandaian angkatan laut kami untuk mempertahankan diri terhadap ancaman maritim barang apa pun, ” tambahnya.


–> Video Pilihan gong13deng –>
AS-IRAN

gong13deng –>