Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID – Washington DC. Kakak perempuan Presiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump menyebut adiknya kejam, pembohong, dan tak berprinsip, yang artinya tak bisa dipercaya.

Maryanne Trump Barry diam-diam direkam oleh keponakannya, Marry Trump, yang baru-baru ini merilis buku berjudul Too Much and Never Enough: How My Family Created the World’s Most Dangerous Man. Pada Sabtu (22/8/2020) Marry Trump berkata, dia membuat rekaman pada 2018-2019.

Dalam salah satu rekaman, Barry (83) mengatakan dia mendengar wawancara Trump pada 2018 di Fox News, bahwa adiknya itu menyarankannya ditempatkan di perbatasan untuk mengawasi anak-anak imigran yang terpisah dari orangtua mereka.

Baca juga: Kelompok ini klaim jatuhkan dan sita pesawat nirawak Israel

Di poin lain dia berkata, “Twit terkutuknya dan kebohongan, ya Tuhan.” “Saya berbicara blak-blakan, tapi Anda tahu. Perubahan cerita. Kurangnya persiapan. Kebohongan. Sialan.”

Associated Press (AP) kemudian memberitakan, Barry juga terdengar berkata dirinya menerka adiknya tak pernah membaca opininya tentang kasus imigrasi.  “Apa yang dia baca?” tanya Mary Trump ke bibinya. Barry menjawab, “Tidak ada. Dia tidak membaca.”

Rekaman itu pertama kali diberitakan oleh The Washington Post, dan AP juga mendapat rekamannya. Rekaman itu terungkap hanya sehari setelah Robert Trump, adik laki-laki Maryanne dan Donald Trump, dikenang dalam kebaktian di Gedung Putih.

Namun Trump tak menganggap serius rekaman rahasia yang mengumbar boroknya itu. “Setiap hari ada hal lainnya. Saya merindukan adik laki-lakiku, dan saya akan terus bekerja keras untuk rakyat Amerika,” kata Trump dalam pernyataan yang dikutip AP.

“Tidak semua orang menerimanya, tapi hasilnya jelas. Negara kita akan segera menjadi lebih kuat dari sebelumnya.”